Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Pengurus DAD Kalbar Periode 2023-2028 Dilantik, Ini Struktur Pengurusnya.

Pelantikan pengurus DAD Kalimantan Barat masa periode 2023-2028


PONTIANAK | wartakalbarterkini.com - Pengurus Dewan Adat Dayak ( DAD ) Kalimantan Barat masa periode 2023-2028 resmi dilantik Jumat(10/3/2023), oleh Presiden Majelis Adat Dayak Nasional ( MADN ) Martin Billa. Ketua Umum DAD untuk 5 tahun kedepan dijabat Drs. Cornelius Kimha, M.Si.


Struktur dan komposisi kepengurusan DAD Kalbar yang dilantik terdiri dari 4 komposisi adalah, Dewan Kehormatan, Dewan Pertimbangan, Dewan Pakar, serta Pengurus terdiri dari Ketua, Sekretaris dan Bendahara. dilengkapi 18 biro sesuai tugas dan fungsi masing - masing.


Dewan Kehormatan ketua Drs. Cornelis, M.H bersama15 orang .Dewan Pertimbangan ketua Lasarus, S.Sos, M.Si beranggotakan 17 orang. Dewan Pakar ketua Dr. Sahermiko, M.Si beranggotakan 15 orang dan Pengurus Ketua Drs. Cornelius Kimha, M.Si.dibantu 13 ketua.


Tiga Uskup dan lima bupati berada dalam komposisi  kepengurusan Dewan Adat Dayak (DAD) Kalbar periode 2023-2028. 


Tiga Uskup berada dalam struktur Dewan Kehormatan, Uskup Agung Pontianak Mgr..Agustinus Agus, Uskup Sanggau Mgr. Valentinus Saeng, CP. Uskup Sintang Mgr. Samuel Oton Sidin, OFM, CP bersama 12 orang lainnya.


Sementara  5 (lima ) bupati, mengisi struktur Dewan Pertimbangan bersama 12 orang lainnya diantarnya: Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis, Bupati Sanggau Paulis Hadi, Bupati Sekadau Aron, Bupati Kapuas Hulu, Fransiakus Dian, Bupati Ketapang Martin Rantan.


Untuk menjalankan roda organisasi DAD Kalbar, Cornelius Kimha dibantu 13 ketua. Thadeus Yus sebagai Sekretaris Umum dibantu tiga sekretaris. Dan di posisi Bendara Umum, Yohanes Rumpak bersama tiga sekretaris.


Sebelumnya, ketua DAD Kalbar 2023-2028 Cornelius Kimha

terpilih melalui Musyawarah VI DAD Kalbar 21 Januari 2023 lalu. Dia unggul dari dua kandidat, yakni Pertahana Jakius Sinyor dan Yulius Aho. Dalam struktur baru ini, Jakius Sinyor duduk di Dewan Kehormatan


Masih dalam komposisi Dewan Pertimbangan, terdapat dua mantan Bupati Landak. Keduanya adalah Karolin Margret Natasa dan Adrianus Asia Sidot.


Struktur, komposisi, dan personalia DAD Kalbar periode 2023-2028 ini diteken Presiden Majelis Adat Dayak Nasional (MADN), Marthin Billa dan Sekretaris Jenderal, Yakobus Kumis.


Dalam sambutannya Ketua DAD Kalimantan Barat mengatakan organisasi akan tetap mengacu pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. DAD akan mengadakan kegiatan - kegiatan organisatoris, kolektip dan kolegial dimana organisasi kesukuan ini  berbasis kebudayaan.


"Organisasi ini sangat melekat dihati masyarakat Dayak organisasi besar ini tidak hanya mampu membuat keharmonisan sendiri, tetapi secara lebih luas bisa menciptakan keharmonisan bagi lembaga dan golongan lain" ujar mantan bupati Mempawah ini.


DAD Kalbar dikatakannya, system kerjanya tidak lepas dari MADN, kepada 14 DAD kabupaten/kota merupakan satu irama dengan fokus memberdayakan masyarakat adat dan para pemangku adat.


Hubungan dengan pemerintah disampaikannya akan tetap bersinergi, disisi lain akan selalu memberi masukan kepada pemerintah.(jr)

Tinggalkan Komentar

Back Next