Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Wakil Bupati Sekadau Minta Kepala Desa Tegas Lakukan Validasi Data Warga Miskin

Pesrrta Rapat Koordinasi Fasilitasi Bantuan Sosial Keluarga 2023 di Gedung Ketakkdtik.Selasa 7 Nov 2023.



Sekadau, wartakalbarterkini.com - Wakil Bupati Sekadau Subandrio, S.H, M.H meminta para kepala desa tidak ragu saat lakukan validasi warga miskin di wilayah masing-masing. Langkah ini merupakan upaya dari pemerintah desa untuk bersama pemerintah daerah update jumlah warga miskin.


"Jangan sampai ada warga dari sisi ekonomi sudah mampu memilki kenderaan dan penghasilan tetap  tapi masih tercatat sebagai warga miskin, yang mana dulu mungkin tercatat sebagai warga miskin. Untuk kasus sepeeti ini saya minta para kepala desa tegas mengeluarkannya dari data warga miskin" Kata Subandrio Selasa [7/11/2023] dalam Rapat Koordinasi Fasilitasi Bantuan Sosial Kesejahteraan Keluarga 2023.


Dihadapan para kepala desa dan sekretaris desa orang nomor dua di Sekadau ini langkah tegas merupakan pintu masuk bagi pemerintah dalam upaya memastikan kehadiran pemerintah mengurus masyarakat miskin agar layak hidup dan mendapat perlindungan sosial.


"Pemerintah Pusat dan Daerah telah mengeluarkan berbagai kebijakan dalam upaya untuk melakukan penanganan terhadap masyarakat miskin, namun persoalan yang terjadi adalah masih adanya penerima manfaat dari program-program tersebut yang tidak tepat sasaran" Beber Subandrio.


Mengantisipasi kemungkinan bantuan tidak tepat sasaran, Wabup meminta kepada para kepala desa melakukan verifikasi dan validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) melalui aplikasi SIKS NG yang dikelola oleh operator di masing-masing Desa "Dengan cara ini data masyarakat miskin update sesuai dengan kondisi yang ada saat ini" tambahnya.


Kegiatan yang dimotori Dinas Sosial tersebut diharapkan upaya pemerintah daerah  bisa  lebih cepat dalam penanganan kemiskinan di Kabupaten Sekadau


DTKS merupakan data yang terintegrasi dengan data kependudukan, untuk itu Wabub meminta kepada para Kepala Desa untuk mendorong masyarakatnya yang belum tercatat pada sistem data Dukcapil, untuk segera melakukan perekaman KTP[jr]

Tinggalkan Komentar

Back Next