Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Bupati Hadiri Pelantikan Dan Pengukuhan Pengurus Ayongk Taman Sekadau

Bupati Sekadau Aron hadiri pelantikan dan pengukuhan pengurus Ayongk Taman Seladau periode 2022-2026.(wkt)


Sekadau,wartakalbarterkini.com - Bupati Sekadau Aron dan jajaran pemkab serta anggota DPRD menghadiri pelantikan dan pengukuhan  pengurus Ayongk Taman Sekadau periode 2022 - 2026 pada Sabtu(14/5/2022) di Desa Rirang Jati Kec.Nanga Taman.


Terbentuknya Ayongk Taman Sekadau di respon positip oleh Aron dalam sambutannya dihadapan pengurus  terpilih,  politisi Demokrat ini mengatakan pengurus diharapkan punya  visi kedepan memberdayakan dan memajukan organisasi dan bukan untuk pamer - pamer. 


Kedepan jelas Aron Ayongk Taman Sekadau harus bisa memunculkan karya - karya budaya yang bermanfaat bagi generasi muda sebagai cikal bakal pewaris kepemimpinan supaya generasi muda tidak melupakan budaya lokal dan nasional hal ini harus sedini mungkin ditanamkan kepada anak - anak dan ini tidak boleh lalai .


 "Pengurus harus menorehkan karya budaya dengan menggali berbagai sumber menyangkut budaya Ayongk Taman Sekadau dan ini harus kita wariskan kepada  anak - anak  inilah salah satu yang perlu kita perkuat  " kata Aron.


Dalam kesempatan tersebut, pengurus yang sudah dilantik oleh Ketua Dewan Adat Dayak supaya memiliki kekompakan dalam menjalankan program organisasi " pengurus harus kompak " tambah Aron. 


Peguyuban yang ada di Sekadau diharapkan  bisa bersinergi bersama pemkab untuk berkembang sesuai tujuan pemkab.


Pelantikan dan pengukuhan pengurus ini diakui Gunawan selaku Ketua Ayongk Tan Sekadau merupakan moment bersejarah bagi Suku Dayak Taman . Karena lewat berbagai tahapan  dan saran dari generasi muda dan masukan dari tokoh - tokoh akhirnya organisasi bisa dibentuk.


"Hari ini masyarakat hukum adat Dayak Taman  memiliki  wadah organisasi 'Ayongk Taman Sekadau " ujarnya.


Sebelum dilantik dan dikukuhkan hari ini , rangkaian terbentuknya Ayongk Taman Sekadau dibeberkan Gunawan telah melalui 7 kali tahapan hingga pelaksanaan Musyawarah Besar tanggal 29 Februari 2022 dengan puncak pemilihan kepengurusan.


Suku Dayak Taman di Sekadau dijelaskan Gunawan tersebar di 8 desa diantaranya di Kecamatan Sekadau Hulu dan Nanga Taman(jr)

Tinggalkan Komentar

Back Next