Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Wakil Bupati Sekadau Hadiri Gawai Ritual Dayak Nosu Minu Podi, Ini Harapannya

Wkl bupati Sekadau Subandrio


Sanggau,wartakalbarterkini.com - Wakil Bupati Sekadau Subandrio menghadiri pembukaan Gawai Ritual  Dayak Nosu Minu Podi ke - XVIII pada Kamis(7/7/2022) bertempat di Rumah Betang Raya Dori Mpulur Desa Sungai Mawang, kabupaten Sanggau.


Terlaksananya gawai dimasa pandemi COVID - 19 kata Subandrio, suatu yang patut disyukuri dimana sudah 2 tahun masyarakat Dayak di Kalimantan Barat tidak melaksanakannya, sehingga rentang waktu itu kita merasa  merindukan dilaksanakannya gawai yang memang merupakan budaya dari leluhur kita hingga kini tetap lestari.


" Dengan Gawai Dayak kita berharap nilai - nilai budaya harus diangkat sesuai tema Kita Bangun Peradaban Dayak Menuju Masyarakat Dayak Sanggau Tetap Berdaulat dan Bertmartabat" katanya disela kegiatan.


Terlaksanannya gawai di Kabupaten Sanggau mendapat apresiasi dari Subandrio atas nama  pemerintah daerah Kabupaten Sekadau menyampaikan ucapkan selamat atas terlaksanannya gawai, kita berharap pelaksanaan ini berjalan lancar, walau pelaksanaan singkat tidak akan mengurangi semangat kebersamaan kita semua" tandas Subandrio.


Lewat gawai tahun 2022 ini juga dijelaskannya, merupakan moment mempererat kembali silahturahmi karena 2 tahun lebih terjadi berbagai pembatasan disegala lini.


Gawai Ritual Dayak Nosi Minu Podi ke XVIII secara resmi dibuka oleh Bupati Kabupaten Sanggau Paulos Hadi, dihadiri Ketua Umum Dewan Adat Dayak Kalimantan Barat Jakius Sinyor, Ketua DAD Sanggau Yohanes Ontot, Wakil bupati Sekadau, Sekretaris Daerah Ketapang, Forkopimda, Perwakilan Bupati Landak, 15 ketua DAD kecamatan se kabupaten Sanggau .


Pelaksana Gawai tahun 2022 adalah kecamatan Toba. Untuk pelaksana tahun 2023 mendatang Kecamatan Batang Tarang akan menjadi penyelenggara(jr)

Tinggalkan Komentar

Back Next