Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Balai Adat Dusun Amak Dibangun, Bupati Sekadau : Setiap Tahun Akan Dibangun 2 Balai Adat

Penancapan tiang balai adat dusun Amak, Desa Sungai Kunyit


Sekadau,wartakalbarterkini.com - Pembangunan balai adat di dusun Amak Desa Sungai Kunyit Kecamatan Sekadau Hilir dimulai.Sejumlah pihak tampak hadir menyaksikan penancapan tiang diantaranya: Bupati Aron, Kepala Dinas PMD Sabas, Anggota DPRD Hasan, Abuntono, AB.Ramli, Sekretaris Camat Yustinus.


Pembangunan balai adat ini ditandai penancapan tiang oleh Bupati Sekadau Aron pada Senin(22/8/2022). Bangunan dengan konstruksi kayu ulin ini akan selesai tepat waktu berdasarkan kontrak kerja pelaksana dengan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata selaku leading sektor.


Balai adat ini menurut Bupati Sekadau Aron awalnya telah berdiri namun seiring waktu sudah tak memungkinkan digunakan, adanya usulan dari masyarakat untuk membangun balai adat serta pertimbangan pemerintah daerah dengan komitmen memvangun balai adat setiap tahun.


"Dimulainya pembangunan balai adat ini merupakan salah satu wujud komitmen pemerintah daerah untuk terus menjalankan program pembangunan diantaranya mendirikan rumah adat setiap tahun minimal 2 ( dua ) di setiap desa, hal ini jadi konsen kita dan ini perlu dukungan semua pihak" kata Aron.


Kelak balai adat ini dipesan Aron supaya dijadikan sebagai wadah bagi warga setempat  membangun dan mengembangkan budaya agar generasi mendatang secara turun temurun bisa mewarisinya.


Tokoh Adat Dusun Amak Mikael Ibas mengapresiasi langkah cepat pemerintah daerah Sekadau membangun balai adat di dusun tersebut. Sejak diusulkan untuk pembangunan ini respon bupati Aron menyambut positif dan memberi dukungan.


"Apresiasi kami sampaikan atas respon pemerintah daerah hingga dimulainya pembangunan dan penancapan tiang oleh bupati Sekadau Aron, kita berharap bangunan balai adat ini nantinya selesai tepat waktu" tandasnya(jr)

Tinggalkan Komentar

Back Next