Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

SD Negeri 34 Nanga Entuka Dibelit Masalah Berat , Dinas Pendidikan Sekadau Harus Turun Tangan

SD Negeri Nanga Entuka, kecamatan Nanga Taman.Kabupaten Sekadau.


Sekadau,wartakalbarterkini.com - Sekolah Dasar Negeri 34 Nanga Entuka  Kecamatan Nanga Taman kabupaten Sekadau dikabarkan dibelit permasalahan berat. Sekolah yang berdiri sejak tahun 2014 ini didera masalah klasik namun sudah kronis dan butuh tindakan penyelamatan  oleh pemerintah daerah.


Sekolah yang berada di Desa Mentuka  tepat dikota kecamatan ini terdiri dari 3 ( tiga ) ruang belajar, 1 ( satu ) ruang perpustakaan, 1 ruang guru dan 2 ( dua ) unit rumah dinas guru serta pasilitas sekolah lainnya.


Menurut penuturan Kepala Sekolah SD Negeri 34 Entuka Ahmad kepada awak media ini pada Kamis(18'8/2022). mengatakan, proses belajar mengajar berjalan harus dibagi dua sesi pagi dan siang karena kurangnya ruang belajar bagi siswa .


Dari 3 ( tiga ) ruang belajar sekolah terang Ahmad jelas tidak memadai untuk mendukung proses belajar mengajar, guna menyiasati kekurangan ruang belajar sejumlah pasilitas sekolah terpaksa dialih fungsi itupun masih kurang.


"Permasalahan lain ada, salah satu ruang belajar hanya untuk kelas I, IV dan  VI kekurangannya kita pakai ruang perpustakaan untuk kelas V, dan rumah dinas guru bagi kelas II, kelas III masuk karena ketiadaan ruang belajar" kata Ahmad ditemui diruangannya.


Disamping permasalahan minimnya ruang belajar di SD Negeri 34 Nanga Entuka, Ahmad sangat mengkhawatirkan guru karena tahun 2023 satu guru PNS akan pensiun sementara dirinya tak lama lagi bakal pensiun ditambah kondisi kesehatannya tak mendukung  praktis tersisa guru honorer yang baru masuk tahun 2022. Guru berstatus PNS hanya ada 2 orang.


"Permasalahan berat terkait guru ini akan segera kami sampaikan ke Dinas Pendidikan karena guru yang ada saat ini 3 guru kelas dan 1 guru agama kesemuanya honor baru masuk mengganti ,honor lama  2 guru PNS sudah diambang pensiun tentu ini permasalahan berat" tambah Ahmad. 


Dengan permasalahan yang membelit sekolah tersebut Ahmad berharap Dinas Pendidikan bisa mengantisipasi sejak dini hal ini guna menjaga proses belajar bagi siswa/i.


Siswa saat ini ditambahkan Ahmad dari kelas I sampai kelas VI sebanyak 76 orang dengan rincian Kelas I = 16 orang, kelas II = 9 orang, kelas III = 17 orang,, kelas IV = 12 orang, kelas V = 5 orang, kelas VI = 17 orang. Sejak berdiri sekolah telah 3 kali melaksanakan ujian nasional.


Menyikapi permasalahan SD Negeri 34 Entuka, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sekadau Paulus Ugang  mengatakan dalam tahun 2022 4 guru honorer di SD Negeri Entuka lolos seleksi PPPK di sekolah lain sehingga praktis sekolah mengalami kekurangan guru.


"Ini akan segera kita ambil jalan keluarnya mengingat 2 guru PNS akan pensiun salah satu kepala sekolah kesehatannya juga sudah tidak mendukung ini akan kita pertimbangkan menyiapkan pengganti, guru di sekolah terdekat lebih memungkinkan" tutup Paulus Ugang selaku Plt. Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Sekadau(jr)

Tinggalkan Komentar

Back Next