Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Aron Minta Bantuan Gubernur Sutarmidji Untuk Menuntaskan Jalan Sekadau - Nanga Mahap Tahun 2024

Gubernur Kalimantan Barat dan Bupati Sekadau Aron usai Musrenvang, Rabu 15/3(Wkt)



Sekadau | wartakalbarterkini.com Pemerintah daerah kabupaten Sekadau menyelenggarakan Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah ( Musrenbang ) tahun 2023 dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah ( RKPD ) tahun 2024, bertempat di Aula Kantor Bupati, Rabu(15/3/2023).


Musrenbang yang juga dihadiri Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji mengusung thema," Pembangunan 2024 Peningkatan Perekonomian Daerah Yang Tangguh Dan Berdaya Saing Untuk Sekadau Lebih Sejahtera dan Bermartabat.


Bupati Sekadau, Aron  dihadapan Gubernur Sutarmidji dan peserta Musrenbang menyampaikan sejumlah capaian jajarannya diantaranya:  Penghargaan dari Kementerian Keuangan RI dengan mempertahankan predikat WTP selama 10 kali berturut ( 2012 -2022), Penghargaan dari BKN Award 2022, Penghargaan dar Gubernur peringkat pertama penyalur Dana Desa tercepat TA 2022. Pertumbuhan ekonomi Sekadau meningkat tahun 2021 4,31%, terkoreksi -0,98% dari tahun sebelumnya. Angka kemuskinan menurun dari 6,26% tahun 2021 menjadi 5,85% tahun 2022. Pebambahan jumlah desa mandiri tahun 2022 sebanyak 28 desa. Nilai tukar petani  tahun 2022 meningkat 111,6 poin dibanding tahun 2021 102,87 poin. Penghargaan dari Gubernur STBM kabupaten terbaik II.


Untuk penanganan stunting, Aron membeberkan  sampai 2024 terdapat 2501 anak stunting, mengalami penurunan sebanyak 629 anak, sementara tahun 2021 terdapat 3031 anak stunting.


" Pemerintah daerah Sekadau sampai saat ini mengupayakan penurunan angka stunting salah satu upaya dengan stop Buang Air Besar Sembarangan penggunaan air bersih dan sanitasi" beber Aron.


Dalam kesempatan ini Aron juga meminta bantuan kepada Gubernur Sutarmidji untuk penyelesaian pembangunan Jalan Sekadau - Nanga Mahap bisa selesai tahun 2024 mendatang, mengingat kedua ruas jalan merupakan tanggung jawab provinsi.


" Tahun 2022 Sudah dianggarkan pengerjaan Jalan Nanga Mahap - Nanga - Taman, kemudian tahun 2023 dianggarkan Jl Nanga Taman - Nanga Mahap, dan Jalan Sekadau - Rawak saat ini tahap pengerjaan, pada kesempatan ini kami mohon bantuan gubernur untuk menuntaskan Jalan Sekadau - Mahap setidaknya tahun 2024 besar harapan bisa tuntas" ujar Aron.


Gubernur Sutarmidji disela Musrenbang mengatakan, infrastruktur jalan yang menjadi tanggungjawab Pemprov Kalbar adalah ruas Jalan Sekadau - Rawak - Nanga Taman - Nanga Mahap, kedua ruas jalan ini diakuinya menjadi atensi dari pemprov Kalbar.


Upaya  penuntasan kedua ruas jalan ini terus kita upayakan  diantaranya mengusulkan kedua ruas jalan masuk program Instruksi Presiden tahun 2023 untuk percepatan pembangunan infrstruktur daerah, Pemprov Kalbar sangat berharap usulan bisa diakomodir oleh pusat.


"Kedua ruas jalan diusulkan di Instruksi Presiden, besar harapan kita dalam tahumn 2023 bisa masuk dan diselesaikan" kata Sutarmidji.


Gubernur Sutarmidji juga memberi apresiasi atas sejumlah kemajuan pembanngunan di Kabupaten Sekadau diantaranya angka kemiskinan rendah dibawah provinsi, angka pengangguran terbuka


"Pertumbuhan ekonomi bagus dengan seperti ini, selanjutnya untuk penanganan masalah kemiskinan,, stunting maupun masalah lain sesuaikan saja by data, maka akan tetjadi peningkatan signipikan" tandas Sutarmidji.(jr)

Tinggalkan Komentar

Back Next