Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Kabupaten Sekadau Pasang Target 21 Desa Akan Deklarasi ODF Tahun 2023

Wkl bupati Sekadau Subandrio


Sekadau | wartakalbarterkini.com - Pemerintah  Daerah Kabupaten Sekadau Kalimantan Barat tahun 2023 menargetkan akan deklarasi Open Defecation Free ( ODF ) atau stop B.A.B Sembarangan  di  21 desa .


Target ini sebagai upaya motivasi kepada camat, kepala desa maupun pihak terkait untuk lebih semangat.


Menurut Wakil Bupati Sekadau Subandrio, desa - desa yang akan deklarasi ODF tahun 2023 merupakan desa dari 7 ( tujuh ) kecamatan  dengan sebaran setiap kecamatan minimal menyiapkan 3 desa.


"Target minimal 3 desa per kecamatan untuk deklarasi ODF realistis, ada kecamatan bisa siapkan 5 desa untuk deklarasi ODF tahun ini,  ternyata lewat komitmen dan kerja keras bisa, kenapa yang lain tidak bisa" kata Subandrio Jumat(3/3/2023) di Sungai Sambang.


Kecamatan yang sudah mencapai 100% desa deklarasi ODF disampaikan Subandrio untuk bersiap deklarasi ODF tingkat kecamatan, karema desa - desa diwilayah tersebut bisa mencapai100% tahun 2023-2024.


" Kecamatan Nanga Taman dari 13 desa tinggal 1 desa belum deklarasi ODF, Belitang dari 7 desa 4 sudah deklarasi 3 desa berikutnya diharapkan bisa deklarasi tahun 2023. Sementara Sekadau Hulu tahun 2024 bisa deklarasi kecamtan karena dari 15 desa 6 desa sudah deklarasi tahun ini deklarasi 5 desa sisa  bisa tuntas tahun 2024" harap Subandrio.


Kecamatan lain diharapkan mempersiapkan desa yang akan deklarasi ODF, karena ini bagian dari program pemerintah dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.


Langkah cepat oleh Pemerintah Daerah dalam upaya menuntaskan persoalan mendasar ini menurut Subandrio harus bisa diikuti kecamatan maupun desa bersama sama menuju hidup sehat.(jr)

Tinggalkan Komentar

Back Next