Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Rayakan Idul Fitri Hari Ini, Jamaah Muhammadiyah Sekadau Laksanakan Sholat Ied

Jamaah Muhammadiyah kabupaten Sekadau laksanakan sholat Ied di halaman MAN. Foto: WKT.



Sekadau | wartakalbarterkini.com - Muhammadiyah di Indonesia hari ini Jumat [21/4/2023 ] merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriyah. Jamaah Muhammadiyah Kabupaten Sekadau  menyambut hari kemenangan ini dengan melaksankan sholat Ied di halaman Mandrasah Aliyah Negeri [ MAN ] jalan Sanggau - Sekadau Desa Sungai Ringin.


Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sekadau Sapto Utomo mengatakan, berdasarkan edaran dari PP Muhammadiyah yang telah menetapkan bahwa Idul Fitri 1 Syawal 1444 H ditetapkan dengan Hisab Hakiki wujudul Hilal jatuh tanggal 21 April 2023.


Jamaah di Sekadau dikatakannya , melaksanakan sholat Ied  mulai pukul 8.00 - 9.00 WIB,  jamaah yang mengikuti sholat Ied membawa perlengkapan sholat dan mengikuti bimbingan dari petugas.


Pelaksanaan sholat ied dengan Imam Ust. Ngumri, S.Pd.I khatib Syamsu Alam dari mulai hingga selesai dikatakan Sapto Utomo berjalan dengan tertib, jemaah juga khusuk melaksanakan sholat . 


" Sholat Ied hari ini di kabupaten Sekadau diikuti Jamaah Muhammadiyah berjalan dengan khusuk dan khidmat,  kepada jamaah Muhammadiyah supaya saling memaafkan dan saling mendoakan" kata Sapto Utomo disela sholat Ied.


Sebelumnya, Khatib Syamsu Alam dalam khutbahnya mengajak jamaah untuk menghentikan sejenak lamunan dan ingatan kepada hal - hal serba materialistis dan duniawi dengan bertafaqur merenungi diri untuk memperoleh pengalaman rohaniah mendalam dan mengakar dalam rangka meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.


"Marilah kita bersama sama bersyukur kepada Allah SWT, sambil interopeksi diri sudah sejauhmana kita telah menunaikan kewajiban-kewajiban kita terhadap Allah SWT" ujar Syamsu Alam.


Pada kesempatan ini Syamsu Alam mengungkapkan jalan dan perjuangan berat melebihi mengangkat senjata memerangi musuh itulah melawan hawa nafsu, memerangi musuh tak lain ada pada diri sendiri. Setelah sebulan berpuasa, melatih diri, membina taqwa dan mengharap ridho Allah SWT. 


Kita kembali kepada fitrah, bersih, suci seperti bayi setelah di beraihkan dan di sucikan sepanjang kita melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan [ jr ]

Tinggalkan Komentar

Back Next