Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Pemdes Mondi Bersama Dinas Pertanian Sekadau Laksanakan Sosialisasi Tata Kelola Kebun Sawit

Sosialisasi tata kelola kebun sawit bersam pemdes mondi dan dinas pertanian kabupaten Sekadau.



Sekadau, wartakalbarterkini.com - Pemerintah Desa Mondi Kecamatan Sekadau Hulu Kabupaten Sekadau Kalimantan Barat  melaksanakan Sosialisasi Tata Kelola Kebun Sawit kepada kelompok tani dengan menggandeng Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perkebunan [ DK3P ] Kabupaten Sekadau bertempat GPU desa Kamis [ 15/6/2023 ].


Dalam sosialisasi ini, DK3P melalui Bidang Perkebunan Harsono dihadapan peserta memaparkan tahapan-tahapan yang harus diketahui petani sebelum memulai penanaman sawit. 


"Yang paling utama sebelum penanaman harus dipastikan sumber bibit yang akan kita tanam harus dari distributor resmi kecambah, hal ini penting untuk menjaga tingkat produktifitas buah" paparnya.


Selain pemilihan bibit juga disampaikan perbedaan kecambah asli distributor yang harus diketahui petani jangan sampai mudah terjebak karena harga murah yang bisa berdampak merugikan petani sendiri.


Untuk hal ini Dinas DK3P merilis daftar diatributor kecambah sawit yang resmi dan bisa melakukan pemesanan langsung sesuai luasan lahan petani/kelompok tani.


"Bagi petani yang ingin membeli kecambah sawit sebaiknya melalui distributor resmi, dan kami sangat tidak menyarankan membeli dipasar apalagi lewat media sosial" jelasnya.


Disisi lain DK3P juga memaparkan lahan yang cocok bagi tanaman sawit,  perawatan, dan jenis hama yang kerap menjadi penghambat tumbuh kembangnya tanaman sawit.


Pemerintah Desa Mondi melalui Kepala Desa Welton Thomas disela kegiatan menyampaikan rasa terimakasih kepada penyuluh perkebunan dari DK3P yang menyempatkan waktu memberi penyuluhan kepada perwakiilan kelompok tani di Desa Mondi.


"Memang secara ekonomi hampir 100% warga kita adalah petani/kebun  dan pemilik lahan, sosialisasi ini sangat bermanfaat karena memang pengetahuan petani kita mengenai tanaman kelapa sawit sangat minim khususnya penggunaan bibit unggu dengan pemaparan berbagai tahapan pengelolaan kelapa sawit petani kita sangat terbantu" ucap kads.l


Kepada perwakilan kelompok tani kepala desa berharap supaya apa yang didapat dari pemaparan DK3P bisa diterapkan dan menjadi tambahan wawasan sangat berharga.


Dalam sosialisasi juga hadir Camat Sekadau Hulu, Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat, BPD, dan 11 perwakilan kelompok tani. [ jr ]

Tinggalkan Komentar

Back Next