Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Pekan Gawai Dayak Ke XII Kabupaten Sekadau 2023 Usung Thema " Bersatu Untuk Maju

Ilustrasi Pekan Gawai Dayak [WKT ]



Sekadau, wartakalbarterkini.com - Gawai Dayak merupakan bentuk ucapan rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa dengan berkat yang diterima dari hasil panen ladang selama penantian 1 tahun sesuai tatacara adat dan budaya masyarakat Dayak di Kalimantan Barat khususnya Kabupaten Sekadau.


Untuk wilayah Kabupaten Sekadau, Pekan Gawai Dayak ke XII Tahun 2023 akan dilaksanakan mulai Tanggal 18 s/d 22 Juli 2023 bertempat di Betang Youth Centre Jl. Panglima Naga Kompleks Pasar Baru,  bertindak sebagai penyelenggara Dewan Adat Dayak [DAD ].


Kesibukan di sekitar rumah Betang Youth Centre seminggu terakhir mulai meningkat mengingat pusat pelaksanaan adalah rumah betang.


Pembukaan Gawai Dayak dipastikan akan dilakukan oleh Bupati Sekadau Aron Selasa 18 Juli 2023  sejumlah  undangan telah disebar diantaranyq, Gubernur Kalimantan Barat, Ketua DAD Kalimantan Barat, Presiden MADN, anggota DPRI RI Dapil 2, Anggota DPD, Anggota DPRD Prov. Kalbar, Anggota DPRD Sekadau, Bupati Sanggau, Bupati Sintang, Bupati, Melawi.


Pekan Gawai Dayak ke XII 2023 ini akan mengusung Thema " Bersatu Untuk Maju" sesuai thema tersebut panitia telah memastikan etnis dan paguyuban yang ada di Sekadau serta MABM, MABT, Raja Sekadau akan turut meramaikan pesta tahunan ini dengan suguhan budaya dan iringan karnaval bakal menghiasi jalanan kota Sekadau sekitarnya.


7 Dewan Adat Dayak Kecamatan juga akan meramaikan karnaval budaya, sanggar seni, TBBR, lembaga - lembaga keuangan dan sekolah diharapkan bisa berpartisipasi meramaikan pembukaan gawai dayak kali imi.


Bertindak selaku tuanrumah kali ini adalah Sub Suku Dayak Kerabat yang ada di Sekadau, ciri khas Dayak Kerabat akan mewarnai sejumlah tahapan pembukaan pekan gawai dayak tahun 2023 di Sekadau.


Tidak ketinggalan panitia akan melaksanakan Seminar Budaya dengan menghadirkan narasumber Bupati Sekadau Aron, Rektor Institut Tehknologi Keling Kumang Stefanus Masiun, serta dari Dayak Kerabat.


Pekan Gawai Dayak akan berlangsung selama 5 hari beberapa nomor perlombaan akan meramaikan diantaranya.


1. Seni Pertunjukan:  lomba tari kreasi, lomba bujang dan dara Gawai, lomba busana Dayak kreasi anak, lomba pop singer lagu Dayak.


2. Permainan rakyat dan kerajinan tradisional: lomba mengayam tikar, lomba melukis pensil, lomba menyumpit, lomba pangkak gasing, lomba menumbuk padi, lomba Tengkuyung Berambil.


Artikel by. JR.Purba.

Tinggalkan Komentar

Back Next