Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Jangan Abaikan Mungkin Anda Alami Tekanan Batin Ini Gejala dan Cara Mengatasi

Foto ilustrasi by wartakalbarterkini.com



wartakalbarterkini.com - Berbagai masalah kehidupan kerap membuat anda merasakan tekanan batin, kondisi ini perlu diatasi secara tepat.


Bila hal ini berlarut - larut akan berdampak akan gangguan mental, depresi, timbul rasa cemas, bisa menimbulkan perilaku membahayakan diri senditi maupun orang lain. 


Berikut perlu mengetahui gejala tekanan batin sebagaimana dilansir dari alodokter, setiap orang  akan berbeda - beda saat alami tekanan batin, namun pada umumnya penderita akan mengalami gejala berikut:

a. Cemas, khawatir, atau gugup berlebihan.

b. Perhatian mudah teralihkan atau sulit konsentrasi

c. Mudah marah dan frustasi

d. Menghindar atau tidak mau bertemu orang lain

e. Sering absen dari pekerjaan atau sekolah

f. Jarang atau tidak mau keluar rumah

g. Tidak merawat diri dengan baik


Cara Mengatasi Tekanan Batin.

Munculnya kondisi ini perlu anda ketahui supaya penangannya, saat diketahui penyebabnya sebaiknya jauhkan diri kita dari hal itu. Selain menghindari pemicunya, beberapa tips berikut coba terapkan.


1. Pilih aktivitas yang menenangkan.


Saat mengalami tekanan batin lakukanlah aktivitas menenangkan mulai baca buku, menonton, meditasi atau cuti kerja beberapa hari.


2. Rutin Olahraga.

Dengan olahraga akan bisa  mengatasi tekanan batin misalnya berenang, jalan kaki rutin denbgan durasi 30 menit setiap hari akan mengurangi stress .


3. Makan makanan bergizi

Saat tertekan batin orang abai merawat diri kerap tidak mau makan, hal ini akan menyebabkan kurangnya asupan nutrisi, untuk itu saat mengalami tekanan batin tetaplah makan bergizi seimbang.dengan asupan omega 3, karbohidrat kompleks, protein dan vitamin.C, D.


4. Istirahat Cukup.


Saat anda alami tekanan batin sebaiknya istirahat cukup 7 - 9 jam sehari, hal ini untuk mengurangi parahnya tekanan batin, sebaiknya hindari kafein dan alkohol serta jauhkan hal -hal yang bisa menunda tidur seperti main ponsel, nonton televisi dan bermain komputer.


5.Curhat Pada Orang Terdekat.


Temuilah kerabat, keluarga, atau sahabat yang bisa memberi dukungan, dengan demikian tekanan batin yang anda rasakan mungkin bisa berkurang.


6.Lakukan Konseling.


Jika tekanan batin makin parah perlu penaanganaan dengan konseling dan psikoterapi yang bisa dilakukan psikiater atau psikolog , meliputi cognitive behaviour therapy [ CBT ] probleming- solving therapy [ PST ], dan Interpersonal therapy [ IPT ]. Semoga bermanfaat. ( berbagai sumber )

Tinggalkan Komentar

Back Next