Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Rumah Adat Desa Sungai Kunyit Selesai Dibangun. Pemerintah Desa Apresiasi Pemkab Sekadau

Desa Sungai Kunyit kini miliki rumah adat.


Sekadau, wartakalbarterkini.com -  Satu lagi rumah adat telah selesai dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Sekadau, Rumah Adat Desa Sungai Kunyit Kecamatan Sekadau Hilir tinggal menunggu difungsikan.


Hasil pemantauan awak media ini, keberadaan bangunan terletak di pusat desa, dengan penampakan  bertingkat dengan konstruksi kayu ulin telah dilengkapi aliran listrik PLN. Selain itu, dua tangga dari sisi kanan dan kiri dengan ukuran lebar 1,5 meter dengan ketinggian 2 meter tampak kokoh dengan warna khas kayu ulin hitam kecoklatan.


Kepala Desa Sungai Kunyit, Kayus ditemui di kantor desa  mengatakan bangunan rumah adat di eilayahnya telah selesai dibangun oleh Pemkab Sekadau melalui Dinasporapar sekitar akhir bulan November 2023.


"Rumah adat itu dari hasil pemantauan pemdes beberapa waktu sepertinya telah selesai karena tidak ada aktifitas pekerja. Dari bentuk bangunan sudah dicat,  halaman tampak bersih" katanya, Rabu[3/4/2024].


Jajaran Pemerintah Desa Sungai Kunyit mengapresiasi upaya Pemkab Sekadau bisa mengakomodir usulan dan keinginan warga yang memang ingin ada rumah adat di Desa Sungai Kunyit.


"Kita menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Sekadau telah membangun rumah adat ini, kita berharap tempat ini nantinya menjadi salah satu kebanggan warga" tandas kades.[jr]

Tinggalkan Komentar

Back Next