Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Bantuan Ketahanan Pangan Desa Sungai Lawak Akan Disalurkan Ke Kelompok Tani

 



Sekadau,wartakalbarterkini.com - Pemerintah Desa Sungai Lawak Kecamatan Nanga Taman akan menyalurkan bantuan ketahanan pangan kepada 10 kelompok tani .Bantuan bersumber dari Dana Desa Tahun 2022 .


Menurut Kepala Desa Sungai Lawak Yohanes didampingi Kaur Keuangan dalam kerangannya pada Rabu(2/3/2022) di Kantor Desa  mengatakan , bantuan ketahanan pangan akan disesuaikan berdasarkan kebutuhan masing - masing anggota kelompok tani  . 


"Bantuan ketahanan pangan tahun 2022 adalah 20% dari Dana Desa , bantuan yang akan diserahkan merupakan kebutuhan saprodi pertanian dan perkebunan seperti herbisida , insektisida ,pupuk , bibit " kata Yohanes. 


Pemerintahan Desa , jelasnya hingga kini terus melakukan finalisasi kebutuhan bantuan sesuai pagu anggaran .Jadwal penyerahan bantuan dikatakannya akan menyesuaikan .


Pada kesempatan terpisah , Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Bayu Dwi Harsono dalam keterangannya menyambut baik rencana pemberian bantuan ketahanan pangan berupa bibit , pupuk , herbisida dan insektisida oleh Pemerintahan Desa Sungai Lawak . 


" Sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 190 tahun 2021 tentang pengelolaan dana desa , persentase Dana Desa 40% untuk BLT , 20% ketahanan pangan dan 8% penanganan covid , rencana bantuan di desa Sungai Lawak sudah tepat" jelasnya.


Bantuan oleh pemerintahan desa sebagai penyalur diharapkan supaya mengikuti mekanisme dan ketentuan yang ada dan harus tepat sasaran karena berkaitan dengan pembangunan ketahanan pangan ditengah pandemi.(jr)

Tinggalkan Komentar

Back Next