Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Pengurus Air Bersih dan Masyarakat Dusun Seberang Sekadau Sampaikan Tuntutan Kepada PT.Arvena Sepakat.

Warga Dusun Seberang Sekadau Desa Nanga Mahap sampaikan tunututan kepada PT. Arvena Sepakat[WKT]



Sekadau | wartakalbarterkini.com - Masyarakat pengguna air bersih dusun Seberang Sekadau Desa Nanga Mahap melayangkan tuntutan kepada PT.Arvena Sepakat, menyusul perusahaan dimaksud mengabaikan kesepakatan yang dibuat dan ditanda tangani bersama tahun 2011 dan 2015 lalu.


Berdasarkan hasil musyawarah masyarakat pengguna air bersih Dusun Seberang Sekadau tanggal 3 Maret 2023 belum lama ini, yang diterima media ini dari Saherman Kepala Desa Nanga Mahap pada Senin [10/4/2023 ] tercatat ada 7 [ tujuh ] tuntutan kepada pihak PT. Arvena Sepakat oleh masyarakat, yaitu:


1.Meminta kepada pihak PT.Arvena Sepakat untuk memasang patok permanen di area dekat sumber air bersih menjadikan area tersebut sebagai zona merah tidak boleh ada aktifitas perawatan dan pemeliharaan.


2. Memasang papan plang sebagai pertanda bahwa lahan dekat sumber air bersih menjadi daerah konservasi tanah.


3. Memasang gorong - gorong untuk menghindari air limbah jalan mengalir ke sumber air betsih.


4. Meminta kepada pihak PT. Arvena Sepakat untuk melakukan penebangan pohon sawit dekat dengan sumber air bersih, bertujuan agar tidak ada aktifitas yang menyebabkan air terkontaminasi.


5. Meminta kepada pihak PT. Arvena Sepakat agar menyerahkan lahan dekat sumber air bersih tersebut kepada desa untuk dikelola jadi hitan masyarakat atau hutan tradisional nantinya akan ditanami tumbuhan lokal dengan pengadaan bibit oleh PT. Arvena Sepakat peruntukannya bagi masyarakat Desa Nanga Mahap nantinya akan dibuat Perda untuk pengelolaannya.


6. Meminta kepada pihak PT. Arvena Sepakat mengganti atas kerugian masyarakat selama 12 bulan kedepan hingga air di bendungan Empotak kembali seperti semula, maka biaya yang harus masyarakat keluarkan untuk membeli air galon dengan rician :

-a.KK dusun Seberang Sekadau sebanyak            215 KK

-b. Kebutuhan 1 galon unyuk 2 hari, 15                galon per bulan setiap KK

-c.  Harga per galon Rp.7.000

-d. -215 KK x 15 galon/bulan = 3225 galon

      -3225x12 bln= 38700 galon

      -38700xRp.7000 = 270.900.000,-


7. Nilai pada point 6 huruf d kami anggap sudah sesuai  untuk mengganti kerugian masyarakat yang harus membeli air kemasan akibat tidak bisa meminum air dari sumber air bersih bendungan Empotak, belum lagi kerugian akibat terkontaminasinya sumber air bersih" sebagaimana ditulis hasil musyawarah masyarakat pengguna air bersih Dusun Seberang Sekadau.

Terkait tuntutan masyarakat Dusun Seberang Sekadau, media ini sudah berupaya konfirmasi dengan pihak PT. Arvena Sepakat melalui humas, namun WA yang terkirim hanya dibaca dengan tanda centang biru, demikian juga komunikasi lewat nomor kontak tidak diangkat,[jr]

Tinggalkan Komentar

Back Next