Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Ratusan Peserta Ikuti Ujian Kesetaraan Paket C di Kabupaten Sekadau

Ujian kesetaraan paket C dilaksanakan PKBM Tri Daya Sekadau bertempat di SMK Amaliyah


Sekadau | wartakalbarterkini.com -  Pelaksanaan ujian kesetaraan paket C di Kabupaten Sekadau Kalimantan Barat pada Sabtu [13/5/2023] diikuti ratusan peserta di Pusat Kegiatan Belajar Mengajar [ PKBM ] .


Menurut Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah Martin Lomon, pelaksanaan ujian kesetaraan paket C tahun 2023 dilaksanakan secara serentak di Kalimantan Barat khusus Kabupaten Sekadau ada 6 PKBM sebagai pelaksana tersebar di 4 kecamatan.


"Ujian kesetaraan paket C di Sekadau untuk Kecamatan Nanga Mahap dilaksanakan PKBM Batu Bertulis, Nanga Taman PKBM Muara Longkong, Sekadau Hulu PKBM Bukit Riung, Sekadau Hilir PKBM Tri Daya, PKBM Puspo Gumilang, PKBM Gratias Akodeo, seluruh peserta berjumlah 185 orang"kata Martin Lomon ditemui saat meninjau ujian yang dilaksanakan PKBM Tri Daya di SMK Amaliyah.


Dinas Pendidikan Sekadau jelas Martin Lomon, melakukan peninjauan tempat pelaksanaan ujian sejumlah tempat guna memastikan kelancaran ujian kesetaraan paket C berjalan baik.


Uji kesetaraan sendiri menurutnya bertujuan untuk menyetarakan hasil pendidikan non - formal dengan pendidikan formal, juga sebagai upaya pemerintah memberi jaminan akses pendidikan.


"Pada intinya ujian kesetaraan 2023 ini  untuk memberi dan sekaligus jaminan pemerintah guna memenuhi akses peserta didik non - formal mendapat penyetaraan belajar lewat ujian yang dilaksanakan oleh PKBM" katanya.

Ujian kesetaraan paket c PKBM Muara Longkong di SMK Negeri 1 Nanga Taman.


Pada kesempatan ini Dinas Pendidikan berharap. pelaksanaan ujian kesetaraan di Sekadau bisa berjalan dengan baik, fihaknya sangat mendukung penuh peran PKBM dalam upaya penguatan sejumlah elemen menyangkut ujian kesetaraan.


Sebelumnya, Ketua PKBM Tri Daya Sutiyanak mengatakan ujian kesetaraan paket C di ikuti 51 peserta, dilaksanakan dalam dua sesi bertempat di ruang laboratorium SMK Amaliyah.


"Tahun ini peserta ujian kesetaraan dilaksankan online jadwal untuk gelombang pertama mulai pukul 7.30 WIB s/d pukul 11.00 WIB, gelombang kedua mengikuti jadwal yang ada pelaksanaan hanya satu hari" kata Sutiyanak.


Sementara salah seorang peserta ujian kesetaraan enggan disebut namanya mengungkapkan. berterimakasih kepada PKBM Tri Daya sudah berusaha melaksanakan ujian kesetaraan sangat membantu terutama orang putus sekolah dan tak mampu.


" Ujian kesetaraan ini membantu sekali bagi diri saya terutama dari sisi biaya belajarnya juga tidak seperti lazimnya sekolah semoga nanti bisa melanjut kejenjang pendidikan lebih tinggi" harapnya.[ jr]

Tinggalkan Komentar

Back Next