Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Dinas DKP3 Sekadau Gencar Lakukan Vaksin Rabies Untuk Hewan Penular Rabies

Vaksin anti rabies di Desa Mungguk Gg Abadi oleh Dinas DK3P Sekadau. Foto : wartakalbarterkini.



Sekadau, wartakalbarterkini.com - Dinas Ketahanan Pangan  Peternakan dan perikanan Perkebunan [ DK3P ] Sekadau Kalimantan Barat saat ini tengah menggelar vaksinasi rabies gratis di Kecamatan Sekadau Hilir. Vaksinasi ini untuk mencegah timbulnya penyakit rabies pada anjing.


Pelaksanaan vaksin virus rabies menurut Kepala Dinas DK3P Sandae  mulai hari Senin [19/6/2023] telah dilaksanakan di Desa Mungguk dan Desa Gonis Tekam dengan mendatangi secara door to door pemilik hewan ternak anjing.


"Mulai hari ini [ Senin ] DK3P akan gencar kelapangan untuk vaksin anti rabies, kepada seluruh masyarakat terutama pemilik hewan peliharaan anjing supaya kooperatif membantu petugas kita dan sukarela menyerahkan hewannya di vaksin" harap Sandae.


Vaksin ini menurutnya merupakan bentuk serius pemerintah dalam menekan penyebarannya, sejumlah wilayah di Kabupaten Sekadau akan dilaksanakan vaksinasi bagi hewan peliharaan terutama anjing, kepada petugas dilapangan supaya tetap hati - hati saat menyuntikkan vaksin.

Vaksin hewan peliharaan di Gg Abadi Desa Mungguk Sekadau.


Pada kesempatan terpisah di Desa Mungguk dan Gonis Tekam Kecamatan Sekadau Hilir , pihak DK3P mulai melakukan vaksinasi terhadap beberapa anjing yang dipelihara oleh warga. “Sebagai pencegahan penyakit rabies pada anjing. Kita juga  lihat kondisi hewan peliharaan apakah sudah ada gejala rabies” jelas Nuraini Suharsono petuugas medik veteriner.


Ia juga membeberkan, dari vaksinasi di dua desa pihak DK3P sudah menyuntikkan sebanyak 173 dosis vaksin anti rabies bagi anjing peliharaan dengan rincian Desa Gonis Tekam 136 ekor anjing, Desa Mungguk 37 ekor.


"Sejauh ini penyuntikan vaksin anti rabies berjalan lancar dan secara keseluruhan pemilik hewan mendukung upaya dari pemerintah menekan penyebaran virus rabies"


Pada kesempatan ini Nuraini Suharsono mengajak seluruh pemilik hewan ternak anjing untuk bersedia hewan peliharaannya di vaksin karena tidak dipungut biaya alias gratis, bagi warga yang ingin hewan peliharaannya di vaksin dapat menghubungi Dinas DK3P Sekadau atau menghubungi nomor contac person 085245822498 [ jr ]

Tinggalkan Komentar

Back Next