Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Bupati Sekadau Ingatkan Perusahaan Jangan Usik Kawasan Hutan di Desa Mondi

Komitmen menjaga kelestarian hutan adat di Desa Mondi Kec. Sekadau Hulu. Senin [3/7]



Sekadau wartakalbarterkini.com - Bupati Sekadau Aron, meminta semua pihak mendukung upaya pelestarian kawasan hutan masyarakat adat di Desa Mondi Kecamatan Sekadau Hulu. Dukungan ini diharapkan sebagai bentuk komitmen bersama dalam upaya pelestarian kawasan hutan ditengah gempuran alih fungsi lahan yang kian gencar saat ini.


"Kawasan Hutan Masyarakat Adat Roga Babi seluas 350 hektar harus kita jaga dan lindungi secara bersama sama, kepada perusahan - perusahaan saya minta jangan usik kawasan ini" kata bupati Senin [3/7/2023 ] saat Deklarasi Perlindungan dan Pengelolaan Kawasan Hutan .adyarakat Adat Roga Babi di Desa Mondi


Perusahaan - perusahaan  ia ingatkan supaya punya andil dan perduli akan kelestarian alam yang notabene merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat sekitar hutan yang kelak diwariskan kepada anak cucu mereka nantinya.


"Kalau perusahaan menggeser sedikit - sedikit ke kawasan ini lama kelamaan bisa terkepung dan habis ini hutan, hal ini sangat tidak kita inginkan terjadi untuk itulah hari ini kita berada disini menyatukan tekad" ucap bupati.


Kawasan hutan adat di Roga Babi ia minta  dikelola untuk keperluan warga sekitar khususnya pembuatan rumah tempat tinggal kayu dalam hutan boleh ditebang seperlunya, tapi jangan pula sampai bertahun tahun rumah tak jadi kayu entah kemana.


Sungai sekitar kawasan hutan juga jadi perhatian pemerintah daerah, fihaknya ia katakan akan segera meminta dinas terkait guna mengambil langkah - langkah apa yang akan segera dilakukan supaya aliran sungai bermanfaat bagi warga sekitar.



"Memaksimalkan potensi kawasan hutan bagi kesejahteraan warga sekitar terutama aliran sungai, kalau memungkinkan akan kita bantu bibit berbagai jenis ikan" tandas bupati.


Kawasan hutan Adat Roga Babi mengacu informasi dari pemerintah Desa Mondi akan segera menerbitkan peraturan desa menyangkut Perlindungan dan Pengelolaan Kawasan Hutan Adat ini.[jr]

Tinggalkan Komentar

Back Next