Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Desa Nanga Ansar Deklarasi Sebagai Desa ODF, Tujuh Desa di Kecamatan Belitang Bebas BAB Sembarangan

Deklarasi ODF Desa Nanga Ansar



Sekadau, wartakalbarterkini.com  Desa Nanga Ansar Kecamatan Belitang resmi deklarasi ODF (Open Defecation Free), stop buang air besar sembarangan bertempat di halaman kantor desa, Kamis [12/10/2023] 


Penanda tanganan Sanitasi Berbasis Masyarakat [ STBM ] oleh sejumlah pihak sebagai bukti desa telah Stop Buang Air Besar Sembarangan sudah memiliki jamban di rumah.Serta pernyataan warga mewakili tiga dusun untuk stop BAB Sembarangan.


Deklarasi ODF Desa Nanga Ansar dihadiri Sekretaris Daerah Ir. Mohammad Isa, M.Si.Kepala Dinas Kesehatan, Camat Belitang, Tokoh agama dan masyarakat. Dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah  menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintahan Desa Nanga Ansar, Forkopimcam.yang secara bersama sama mendukung hingga  pada hari ini melaksanakan deklarasi ODF. 


“Ini merupakan sebuah keberasilan desa dalam merubah perilaku masyarakat dengan menumbuhkan kesadaran kepada masyarakatnya untuk bersepakat tidak lagi melakukan praktik buang air besar sembarangan (BAB ) atau yang lazim disebut Open Defecation Free (ODF)." Ujar Sekda.


Disejumlah desa dan kecamatan di Kabupaten Sekadau jelasnya juga sudah dilaksanakan deklarasi ODF. Langkah ini bisa diikuti desa-desa lain.


"Ini salah satu komitmen kita bersama  bagaimaana kita menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan karena ini merupakan salah satu indikahor kesehatan" terang Sekda.


Deklarasi ODF merupakan penerapan pilar pertama dari lima pilar sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) yaitu: pertama, stop buang air besar sembarangan (SBS); kedua, cuci tangan pakai sabun (CTPS); ketiga, pengelolaan makanan dan minuman rumah tangga (PMMRT); keempat, pengelolaan sampah rumah tangga (PSRT) dan kelima, pengamanan limbah cair rumah tangga (PLCRT).


"Keberhasilan Desa Nanga Ansad deklarasi ODF tentu tidak lepas dari dukungan Camat Belitang selaku pimpinan wilayah (kecamatan), Kapolsek, Danramil  memberikan dorongan kepada desa–desa di wilayahnya dalam mencapai ODF." tandas Sekad.


Demikian juga Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau dan Puskesmas Belitang yang selalu memberikan pendampingan dan pembinaan dalam pencapaian desa ODF ini.


Dengan deklarasi ODF ini maka Desa Nanga Ansar merupakan desa ketujuh di Kecamatan Belitang yang sudah mencapai desa ODF  desa dan ke 41 se Kabupaten Sekadau.Sekda  berharap ini menjadi motivasi bagi desa-desa lain untuk berlomba-lomba menjadi desa ODF berikutnya.[jr]

Tinggalkan Komentar

Back Next