Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Tiga Warga Belitang Meninggal Dunia Akibat DBD, Camat Himbau Warga Berantas Sarang Nyamuk

Foging upaya pemberantasan nyamuk fi kec. Belitang.



Sekadau, wartakalbarterkini.com - Camat Belitang Hermansyah Menyikapi meningkatnya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang terjadi wilayah Belitang, himbauan kewaspadaan dini pencegahan DBD yang ditujukan kepada masyarakat.


“Sehubungan dengan terjadinya peningkatan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD] di Kecamatan Belitang, diharapkan kepada seluruh masyarakat agar dapat melakukan kegiatan penanggulangan dan pencegahan meningkatnya penyakit DBD tersebut ” pinta Camat.Senin [30/10/2023].


Perkembangan terbaru terkait penderita DBD di Kecamatan Belitang , hingga Oktober 2023 diunhkspkan sesuai data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau tercatat 77 penderita DBD 3 orang meninggal dunia.


Selanjutnya kata Hermansyah, diharapkan secara bersama-sama melakukan langkah-langkah, diantaranya melakukan penyuluhan tentang peningkatan pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada masyarakat dalam upaya pencegahan penyakit yang berbasis lingkungan.


“Kemudian menjaga kebersihan rumah dan lingkungan, menghimbau dan melakukan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di lingkungan pemukiman masyarakat,” katanya


Adapun langkah yang disarankan Camat untuk antisipasi yang dapat dilakukan adalah Menguras tempat-tempat penampungan air (seminggu sekali), menutup rapat tempat-tempat penampungan air, mengubur barang-barang bekas dan menabur bubuk pembasmi jentik, memelihara ikan pemakan jentik, memakai kelambu dan pemasangan kawat kasa pada ventilasi serta memakai obat nyamuk dan obat oles anti nyamuk.


Terpisah, Franseda mewakili Kepala Dinas Kesehatan PP dan KB menghimbau masyarakat untuk selalu menjaga pola hidup sehat, kebersihan lingkungan memeriksa kesehatan ke puskesmas.


"Apabila mengalami demam dan keluhan kesehatan segera periksa ke puskesmas untuk mendapat perawatan" pintanya.[jr]

Tinggalkan Komentar

Back Next