Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Peringatan Hari Jadi Sekadau, Jajaran Pemkab Lakukan Penanaman 58 Pohon di Taman Kehati

Bupati Aron tanam pohon kayu ulin.


Sekadau, wartakalbarterkini.com -  Bertempat di Taman Kehati Kompleks Perkantoran Pemkab Sekadau, dilaksanakan penanaman pohon oleh jajaran Pemkab Sekadau bersama Bupati dan wakil Bupati Forkopimda, Ketua Tm Penggerak PKK, Ketua GOW dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Sekadau ke - 20 Tahun 2023 yang jatuh pada tanggal 18 Desember 2023.


Sebelumnya, Bupati Sekadau Aron, S.H dalam arahannya menjambut baik kegiatan yang di inisiasi oleh Badan Lingkungan Hidup. Upaya ini merupakan salah satu langkah untuk mengurangi pemanasan global dan menjadikan lingkungan terasa adem.


"Pemkab Sekadau mendukung penuh dilaksanakannya  penanaman pohon hari ini,  kegiatan ini telah menjadi agenda rutin pemkab yang di laksanakan di desa, tempat lain , dan jalan raya  tak luput dari perhatian pemerintah daerah" ujar Bupati Sekadau.


Lewat rangkaian pelaksanaan penanaman pohon , bupati mengungkapkan dengan semakin bertambahnya tanaman/pohon di sekitar lingkungan maka dampak pemanasan global bagi kehidupan akan kurang.


"Saat ini dampak pemanasan global sudah dapat terasa, dimana semakin berkurangnya sumber air kondisi ini sudah jadi perhatian pemkab Sekadau untuk itu butuh komitmen bersama " ungkapnya.



Dengan program-program pelestarian lingkungan hidup dari Badan Lingkungan Hidup kegiatan sama bisa berjalan dengan baik, pohon-pohon yang ditanam hari ini dirawat  supaya tumbuh dengan wajar.


Pada kesempatan ini Bupati Sekadau juga menceritakan bentuk komitmen Pemkab Sekadau untuk pemeliharaan lingkungan pihaknya telah di undang pemerintah lewat kementerian terkait karena pemeliharaan kawasan Hutan Roga Babi di Desa Mondi seluas 300 ha, pemerintah memberi atensi kepada  pengelola kawasan hutan.


" Kedepan kita akan upayakan penambahan pemeliharaan kawasan hutan untuk nantinya   bisa di SK kan pemerintah, dari data yang ada tercatat ada 90 titik yan bisa kita jadikan kawasan hutan"  bebet bupati.


Ditambahkan juga, semua yang akan dan sudah  dilakukan se agai bentuk keseriusan Pemkab Sekadau mengurangi pemanasan global.


Sebelumnya, Kepala  Badan Lingkungan Hidup Sekadau Apeng Petrus menvatakan pohon-pohon yang ditanam di Taman Kehati hari ini merupakan tanaman khas yang ada di Sekadau .


" Pohon yang ditanam hari ini ada 58 batang dengan 11 jenis diantaranya kayu ulin ada,  ucong, tengkawang, rambutan, kueni, planjau, asam Kalimantan,  ufong vurian,  tampui pingan" beber nya.


Tanaman ini jelas  dia akan menambah koleksi beragam tanaman di Taman Kehati. Kedepan dia berharap tempat ini bisa jadi  referensi penelitian.[jr]

Tinggalkan Komentar

Back Next