Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Debit Air Sungai Kapuas Naik, Pemerintah Desa Seraras Himbau Warga Waspada

Bantaran Sungai Kapuas di Desa Seraras terendam banjir.


Sekadau, wartakalbarterkini.com - Memasuki tujuh hari terakhir dalam bulan Mei 2024 aliran Sungai Kapuas di Desa Seraras Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat dilaporkan alami kenaikan debit. 


Kenaikan debit air Sungai Kapuas ini praktis mengakibatkan jalan di tepi sungai terendam dengan kedalaman setinggi paha dan akses jalan tidak dapat dilalui.


"Kenaikan air Sungai Kapuas  ini sudah masuk tujuh hari, jalan rabat beton ditepi sungai sudah terendam, sejumlah  pemukiman yang rendah mulai terendam" kata Jaya Kepala Desa Seraras. Rabu [15/5/2024].


Dampak dari kenaikan debit air diakui Kepala Desa Seraras mengakibatkan akses transportasi wilayah desa praktis alami kendala,  belum lagi fasilitas umum seperti sekolah. rumah ibadah, kantor desa bisa terancam banjir.


Pemerintah Desa Seraras dalam menyikapi kondisi tersebut telah melaksanakan musyawarah dengan kepala dusun serta RT supaya meningkatkan kewaspadaan  dan himbauan khusus untuk anak-anak supaya tidak berada di bantaran sungai.


"Kepada kepala dusun untuk menghimbau warga  menjauhi bantaran sungai karena air belum ada tanda-tanda surut, akses menuju kantor desa sudah terendam jadi pintu masuk lewat belakang" ujarnya.


Kenaikan debit air Sungai Kapuas diharapkan bisa segera turun supaya aktifitas warga tidak terganggu aktifitas belajar mengajar sekolah berjalan lancar.[jr]

Tinggalkan Komentar

Back Next