Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Desa Ensalang Miliki 15 Kelompok Tani Fokus Lahan Sawah dan Perkebunan Sawit

Sawah irigasi di Desa Ensalang.



Sekadau, wartakalbarterkini.com - Desa Ensalang diketahui memiliki potensi lahan pertanian seluas 94 Ha dan Perkebunan 2500 Ha. Sebagai daerah perkebunan praktis sebagian besar perekonomian desa bertumpu di sektor perkebunan dimana 75% penduduk matapencahariannya sebagai petani dan kebun.


Untuk menopang keberlangsungan potensi unggulan tersebut, desa yang  memiliki visi misi salah satunya Meningkatkan Fasilitas Pertanian telah memiliki 15 kelompok tani berikut namanya.


1.   Kelompok Tani Sepulau Raya

2.   Kelompok Tani Bungatai

3.   Kelompok Tani Sengkubung

4.   Kelompok Tani Ibol Lestari

5.   Kelompok Tani Senibung

6.   Kelompok Tani Sebatu Raya

7.   Kelompok Tani Betuah

8.   Kelompok Tani Tawang Tuai

9.   Kelompok Tani Tawang Ulu

10. Kelompok Tani Mendiri Sejahtera

11. Kelompok Tani Putra Giri

12. Kelompok Tani Adem Ayem

13. Kelompok Tani Pandawa

14. Kelompok Tani Laras

15. Kelompok Tani Kayu Baung Makmur.


Dari seluruh kelompok tani mengelola persawahan seluas 77,22 Ha, 437,7 Ha kebun sawit lain-lain 0,1 Ha. Dengan jumlah anggota kelompok tani 331 orang, [ sementara jumlah Petani/Pekebun di Desa Ensalang sebanyak 341 orang]. Sebagaimana dikutif dari profil Desa Ensalang.


Untuk menopang persawahan Desa Ensalang yang berada di wilayah Kecamatan Sekadau Hilir ini berdasarkan Hidologi memiliki 13 irigasi tersebar di Dusun Ensalang. Dusun Ensali, Dusun Suka Damai. Desa dibawah pimpinan Kristoforus Slamet Suryadi selaku kepala desa berharap dengan ditopang jumlah kelompok tani saat ini akan bisa meningkatkan pengelolaan lahan yang masih kosong seluas 15 Ha. Semoga berhasil pak.[jr]

Tinggalkan Komentar

Back Next