Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Keling Kumang Festival Akan Jadi Agenda Tahunan di Kabupaten Sekadau

Bupati Sekadau beserta ketu TP. PKK di stand UMKM festival keling kumang(23/3) foto wkt.



Sekadau | wartakalbarterkini.com -Bupati Sekadau, Aron menghadiri Festival Keling Kumang ke II tahun 2023 digelar bersaaan Summit II Dayak Iban di Taman Kelimpiau Desa Tapang Semadak Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau mulai tanggal 23-25 Maret 2023.. Pagelaran ini dirangkai dalam hari jadi CU Keling Kumang ke -30 tahun.


Pagelaran ini menurut Aron, sangat berdampak bagi sektor ekonomi, karena disamping perhelatan lomba, juga memamerkan priduk UMKM lokal dibawah binaan Keling Kumang.


Bupati mengiginkan kedepan agenda ini bisa dikemas menjadi agenda rutin setiap tahun sebagaimana Gawai Dayak. Disamping itu Pemerintah Daerah saat ini akan mengagendakan sejumlah perhelatan yang berdampak pada perekonomuan masyarakat sekaligus promosi potensi wisata milik kabupaten Sekadau.


"Selain Gawai Dayak, wisata Batu Janto, potensi arung jeram akan dijadikan agenda tahunan, dan Keling Kumang Festival akan diatur dan disesuaikan jadwalnya" ucap politisi Demokrat ini.


Upaya dari yayasan Keling Kumang dengan sejumlah langkah dan terobosan dalam upaya berperan serta membangun Sekadau lewat program - programnya, diakui bupati hingga saat ini sudah dirasakan masyarakat terutama sektor pendidikan, ekonomi kreatif dan perkebunan maupun budaya.


Disisi lain bupati mengiginkan talenta - talenta muda berbakat bisa lahir dari Festival Keling Kumang tahun 2023 " sebagai talenta bisnis, pelaku usaha dan musisi, pelaku ekonomi kreatif kita harap bisa muncul " ucap bupati.


Sebelumnya, ketua Panitia Keling Kumang Festival II tahun 2023 Munaldus disela kegiatan menyampaikan, berbagai perlombaan sebelumnya telah dilaksanakan seperti lomba sumpit, bujang dan dara, pameran kerajinan tangan seminar di Institut Keling Kumang.


"Pada kesempatan ini kami mengajak wasyarakat Sekadau menyaksikan berbagai perlombaan selama tiga hari pelaksanaan festival, kedepan agenda ini akan kita kemas lebih menarik sebagaimana saran dari bupati tadi" jelasnya.


Antusiasme pengunjung dikatakannya akan menjadi pertimbangan Keling Kumang menata kegiatan ditahun mendatang supaya menjadi kegiatan rutin, nantinya akan dibuat lebih meriah dan berharap minat wisata mancanegara ke Sekadau


Usai membuka festival, bupati didampingi Ketua TP PKK berkesempatan meninjau stand pameran berbasis produk lokal .(jr)

Tinggalkan Komentar

Back Next