Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Bupati Sekadau Hadiri Penutupan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Lembaga Adat Desa

Foto bersama Bupati Seladau bersama pengurus DAD Kecamatan Nanga Taman



Sekadau, wartakalbarterkini.com - Bertempat di Gedung Pertemuan Umum Nanga Taman Bupati Sekadau Aron menutup Pelatihan Peningkatan Kapasitas Lembaga Adat Desa se Kecamatan Nanga Taman, Sabtu [21/10/2023]. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dewan Adat Dayak [DAD] Nanga Taman.


Kegiatan turut dihadiri Anggota DPRD, Ketua DAD Sekadau, Kepala OPD, Camat, Kepala Desa se Kecamatan Nanga Taman, Tumenggung dan tokoh masyarakat.


Pada awal sambutannya Aron mengatakan apa yang  didiskusikan dan disepakati bersama bisa disampaikan ke masyarakat kita di desa masing-masing.


Bupati mengungkapkan banyak adat yang juga mungkin tidak sesuai dengan hukum adat hal ini menjafi dilema, dalam memutus adat harus dilandasi yuresprudensi berpedoman pada putusan sebelumnya.


"Tidak sembarang memutus adat dan biasanya sebelum memutus adat harus dihadiri anak-anak kecil artinya supaya mereka tau menerapkan selak beluk menerapkan hukum adat nantinya" Ujar Aron


Bupati berharap dengan kemajuan zaman saat ini hukum adat harus bisa diwariskan kepada generasi muda dengan membukukan atau menulis supaya bisa paham adat istiadat.


"Kedepan generasi-generasi kita harus memahami adat isadat jangan nanti memutus adat dengan gotong royong ini harus dipahami bersama" Terang Bupati.


Pada kesempatan terpisah Ketua DAD Nanga Taman Petrus Onem mengatakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Lembaga Adat Desa ditujukan untuk menyamakan.persepsi mulai dari dusun, desa hingga kecamatan dan meminimalisir terjadinya permaxalahan.


"Permasalahan di dusun bisa selesai di tingkat dusun kalau tidak bisa desa bisa ambil alih demikian sampai ke kecamatan" tandasnya.[jr]

Tinggalkan Komentar

Back Next