Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Gempa Bumi Tektonik Mag : 4.3 Guncang Kapuas Hulu

Gempa 4,3 Mag guncang Kapuas Hulu, Pgov. Kalimantan Barat. [Foto BMKG]


Sekadau , BMKG merilis Kejadian dan parameter gempa bumi tektonik di wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat . Senin[25/3/2024] pukul 18:54.24 WIB

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki parameter M=4.3. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1.14 LU dan 113.0 BT, atau tepatnya berlokasi 34 km BaratLaut Kapuas Hulu -Kalimantan Barat  pada kedalaman 10 km. Sebagaimana dilansir dari BMKG.


Jenis dan mekanisme gempa bumi


Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal.


Dampak gempabumi


Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Kapuas Hulu dengan intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.). Hingga saat ini tidak terdapat laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempabumi tersebut.


Gempabumi susulan


Hingga hari Senin, 25 Maret 2024 pukul 20:22:10 WIB hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).


Rekomendasi


Kepada masyarakat di wilayah Kapuas Hulu dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (username: pemda password: pemda-bmkg) atau infobmkg.


Manado, 25 Maret 2024

Kepala Stasiun Geofisika Manado



TONY AGUS WIJAYA, S.SI., M.T.

Tinggalkan Komentar

Back Next