Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Banjir Landa Desa Tembesuk, Tiga Dusun Serta 160 KK Terdampak.

Banjir. di Desa Tembesuk Kec. Nanga Mahap.Foto: Pemerintah Desa Tembesuk Rabu 8 Mri 2024.



Sekadau, wartakalbarterkini.com - Banjir melanda Desa Tembesuk tercatat ada tiga dusun dilaporkan alami dampak banjir yang terjadi sejak pagi ini. Sejumlah fasilitas umum dan sekolah terendam banjir. Akses dari dan menuju Desa yang berada di Kecamatan Nanga Mahap Kabupaten Sekadau, Kalbar ini praktis alami kendala.


Sekretaris Camat Nanga Mahap Salichin saat dikonfirmasi terkait banjir di wilayahnya  membenarkan terjadinya banjir sejumlah desa saat ini belum menunjukkan tanda-tanda air surut.


"Dari laporan pihak desa Tembesuk tercatat ada tiga dusun terdampak [ Dusun Tembesuk, Sungai Mayong dan Belangir ] terendam banjir dengan 160 KK terdampak " ungkap Sekretaris Camat Nanga Mahap Salichin lewat selulernya, Rabu[8/5/2024].


Banjir yang terjadi sejak pukul 6.30 WIB pagi ini diungkapkannya telah merendam  SD. Negeri 11 , Polindes,  dan ruas jalan dari dan menuju tiga dusun tetendam mengakibatkan akses jalan nyaris lumpuh.


"Desa-desa seperti Lembah Beringin, Teluk Kebau dari laporan yang diterima kecamatan mulai banjir" tambahnya.


Terpisah Kepala Desa Tembesuk Rayadi mengungkapkan banjir di wilayahnya akibat  hujan sejak kemaren hingga pagi ini[Rabu-ref] mengakibatkan Sungai Tembesuk di desa meluap.


"Tiga dusun dan sejumlah fasilitas umum terendam banjir, kondisi ini sudah kita sampaikan ke kecamatan karena menyangkut sejumlah fasilitas pelayanan terganggu" ungkap kepala desa.


Dari tiga dusun dan KK terdampak banjir menurut kepala desa belum ada warga mengungsi dan masih memilih bertahan dirumah mading-masing sembari menunggu air surut.


Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Sekadau Ahmad Suryadi mengatakan koordinasi dengan kecamatan, dan akan segera menurunkan TRC BPBD apabila diperlukan untuk memantau banjir Desa Tembesuk.


"Kita koordinasi ke kecamatan perkembangan selanjutnya akan kita sampaikan langkah-langkah apa yang akan kita lakukan" tandasnya.[jr]

Tinggalkan Komentar

Back Next