Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Pemerintah Desa Engkersik Verifikasi Toilet Rumah Tangga di Sembilan Dusun, Sticker Bebas BAB Ditempel Setiap Rumah.

Verifikasi toilt rumah tangga di Desa Engkersik. 


Sekadau, wartakalbarterkini.com, - Pemerintah Desa Engkersik, Kecamatan Sekadau Hilir bersama Puskesmas Simpang Empat Kayu Lapis memulai verifikasi toilet rumah tangga pada Selasa[21/5/2024].


Verifikasi ini menurut Sukardyanto Kepala Desa Engkersik mengatakan tahapan ini untuk melihat secara langsung setiap rumah tangga bagaimana kondisi toilet apakah layak atau tidak itu tim yang menilai.


"Setiap rumah  tim akan melihat langsung toilet, dan sepsitank apabila sudah layak akan kita tempel sticker bahwa rumah tersebut sudah bebas buang air besar sembarangan" kata Kepala Desa Engkersik Sukardyanto di Dusun Engkeraik I.


Verifikasi toilet rumah tangga ini menurutnya, dalam upaya desa menuju deklarasi ODF perlu dilakukan pendataan guna mengetahui dengan pasti berapa rumah tangga yang memiliki toilet benar-benar layak.



"Beberapa hari kedepan jumlah toilet rumah tangga yang perlu dilakukan perbaikan akan kita sampaikan mengingat Desa Engkersik ada 1700 KK dengan 9 dusun perlu tiga hari verifikasi" ungkap kades.


Pemerintah Desa Engkersik berharap verifikasi bisa berjalan lancar dan warga kooperatif saat didatangi tim, upaya ini merupakan upaya semua pihak untuk meningkatkan derajat kesehatan warga.


Pada kesempatan sama, petugas Puskesmas Simpang Empat Kayu Lapis Salman yang tergabung dengan tim vefifikasi mengatakan, bahwa verifikasi dilapangan pihaknya akan mengklasifikasikan kelayakan toilet secara telitii sesuai kondisi toilet setiap rumah tangga.


"Kalau jamban dan toilet sudah benar-benar sesuai akan kita kategori layak dimana penampungan sudah beton serta tidak merembes" terangnya.


Dia berharap toilet rumah tangga Desa Engkersik seluruh dusun bisa kategori layak untuk mempercepat tahapan berikut. [Jr]

Tinggalkan Komentar

Back Next