Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Desa Rawak Hilir Siap Deklarasi ODF Tahun 2023

Pembuatan jamban rumah tangga Desa Rawak Hilir Kec. Sekadau Hulu.



Sekadau, wartakalbarterkini.com -  Desa Rawak Hilir saat ini tengah kosentrasi  melakukan penyelesaian pembuatan WC bagi warga yang belum memiliki toilet dalam rumah. Langkah ini salah satu upaya dari pemerintah desa menuju desa ODF tahun 2023.


Hal ini dijelaskan Kepala Desa Rawak Hilir Rosyadi pada Senin [25/9/2023], dalam kesempatan tersebut dikatakan, bahwa desa yang berada di Kecamatan Sekadau Hulu yang dipimpinnya salah satu desa yang diplot deklarasi ODF oleh Pemkab Sekadau melalui kecamatan tahun ini.


"Saat ini pembuatan jamban warga sejumlah dusun sudah hampir rampung, pemdes optimis akhir tahun 2023 Desa Rawak Hilir menuju desa  ODF" kata kades.


Dalam rangka menuju desa ODF, pemerintah desa dijelaskannya sejak awal bulan Juli 2023 sudah menyerahkan bantuan berupa material pembuatan jamban rumah tangga kepada 20 KK, saat ini jamban warga sudah ada selesai dan di fungsikan.


"Patut kita syukuri, material pembuatan jamban sudah digunakan semestinya namun masih ada beberapa rumah tangga belum selesai, memasuki bulan Oktober lewat kerjasama semua fihak mudah-mudahan bisa tuntas" tandas kades.


Sebelumnya, Camat Sekadau Hulu Uden, S.Sos diberbagai kesempatan kepada media membocorkan, tahun 2023 fihaknya telah memplot Desa Rawak Hilir salah satu dari target deklarasi ODF. Untuk capaian tersebut jauh hari kecamatan sudah mewarning  pemdes bersungguh sungguh memenuhi target dimaksud.


"Tahun 2023 yang sudah menunjukkan kesiapan deklarasi ODF ada Desa Rawak Hilir, capaian ini harus jadi motifasi kepada desa yang belum deklarasi" terang camat saat itu.


Pada kesempatan ini camat berharap tahun 2024 desa-desa di Sekadau Hulu harus desa ODF supaya, lewat kerjasama lintas sektoral capaian ini bisa realisasi dengan demikian deklarasi tingkat kecamatan bisa terlaksana.[jr]

Tinggalkan Komentar

Back Next