Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

SMP Santo Gabriel Sekadau Tetap Eksis Ditengah Himpitan Sekolah Pemerintah

Peringatan HuT ke-56 SMP Santo Gabtiel Sekadau.


Sekadau, wartakalbarterkini.com - Perayaan pesta Perlindungan dan HUT ke-56 SMP Santo Gabriel Sekadau yang dihelat tanggal 3 Maret 2024  pukul 10.00 WIB  dihadiri undangan dengan disambut tarian khas etnis Dayak dan pengalungan salt.  Penulis yang hadir saat itu  lebih memilih duduk bagian belakang dibawah rindangnya pohon Ketapang tanaman khas Kalimantan Barat.


"Silahkan ambil tempat duduk yang sudah ada pak" ujar cewek berkostum hitam dan merah sembari menunjukkan kearah jejeran bangku plastik dan bangku sekolah, menurut panitia disediakan 200 kursi untuk undangan.


Popularitas dan eksistensi SMP Santo Gabriel Sekadau untuk mendidik siswa sedari dulu hingga saat ini mendapat tempat dihati para orang tua didik untuk menyekolahkan anaknya di SMP Santo Gabriel.


"Sebagai bagian dari alumni, saya mengajak semua orangtua yang hadir saat ini untuk bersama-sama kita majukan sekolah ini" Pinta Paulus Sutami selaku salah satu alumni.


Pada acara yang dihelat dihalaman sekolah itu dengan latar belakang panggung sederhana dengan baliho bertuliskan "GRANDESCOUNT AUCTA LABOR" dengan makna kurang lebih bekerja dengan semangat, tidak ketinggalan ada logo pendidikan "TUTWURI HANDAYANI" dan logo sekolah.


Dari atas panggung kecil itu,  kepala sekolah SMP Santo Gabriel Gregorius Rigen memaparkan berbagai torehan prestasi anak didiknya dari tingkat daerah hingga nasional telah harumkan nama Kabupaten Sekadau.


"Capaian ini tidak lepas dari dukungan semua pihak, terlebih bupati yang selalu memberi dukungan penuh kepada siswa-siswi di berbagai event" ucap kepala sekolah ke -8 sejak sekolah berdiri.


Sekolah yang berdiri 24 Januari 1967 dengan SK Pendirian Sekolah 642 066 BAG PP 95 96 , saat ini memiliki 20 guru dengan 13 ruang belajar dengan jumlah siswa tercatat 368 orang.


Dimoment hari jadi sekolah ini, Kepala Sekolah mengakui tingginya tingkat persaingan ditengah menjamurnya sekolah pemerintah dengan berbagai program kemudahan kepada orangtua dan siswa.


"Itu menjadi tantangan tersendiri untuk sekolah ditengah himpitan itu kita yakin tetap eksis" ujarnya.


Sekolah dengan akreditasi A berdasarkan sertifikat 748/BAN-SM/SK/2019 dengan capaian usia 56 tahun  Bupati Sekadau Aron, S.H mengapresiasi dengan eksis dengan jumlah siswa yang tidak sedikit, "kita tidak bisa jalan sendiri pemerintah daerah selalu hadir dan mendukung proses belajar" imbuhnya.


Pada perayaan hari jadi ke-56 ini secara khusus Pastor Pafoki Sekadau, Pastor Martonus, CP mengapresiasi perhatian pemkab Sekadau untuk SMP Santo Gabriel, dimana setiap tahun selalu membantu sekolah, "untuk akses jalan saat ini sudah rusak apalagi saat musim hujan, kami berharap pemkab Sekadau bisa membangunnya" pinta pastor. Bagaimana ini pak Bupati ?

Tinggalkan Komentar

Back Next